Untuk membangun rumah, ada beberapa tips agar proses pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan menghemat di beberapa bagian. Membangun rumah bukanlah perkara yang murah. Mengingat membutuhkan waktu yang lama, sumber daya yang banyak, dan tentunya material bangunan yang berkualitas.

Tahapan yang harus dilalui sangatlah panjang. Mulai dari menentukan desain, mentukan borongan, memilih material bangunan dll.

Berikut ini ada beberapa tips agar pembangunan rumah bisa berjalan dengan lancar dan sesuai budget anggaran yang disediakan :

1.Buat Anggaran dengan Baik
Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci bila ingin bikin rumah terjangkau. Rencanakanlah pembangunan rumah secara jelas dan detail. Minta bantuan jasa desain rumah sekaligus menghitung RAB nya.

Anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya.

2.Gunakan desain rumah minimalis
Desain rumah minimalis adalah pilihan yang tepat , selain kelihatan simple, tetapi punya banyak kelebihan. Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Misalnya, ruang dapur bisa sekaligus jadi ruang makan.

Tanpa banyak ruangan, konsep desain minimalis tentu mampu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Jadi biaya bangun rumah yang harus dikeluarkan bisa lebih hemat.

Tidak perlu memilih jasa arsitek yang mahal, cukup dengan drafter / jasa desain rumah yang mengerti kebutuhan anda.

3.Survei harga material
Toko bangunan punya harga material yang sangat variatif. Oleh sebab itu, sebelum mulai membeli, sediakanlah waktu khusus untuk riset lapangan.

Bisa jadi harga semen di toko A lebih murah dari toko B, tapi harga besi di toko B masih lebih murah dari toko A. Gak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga. Buatlah catatan daftar perbandingan harga dengan mempertimbangkan biaya transportasi menuju toko bangunan tersebut.

Memilih bahan material atau produk yang sedang diskon / promo juga salah satu cara untuk penghematan biaya.

4.Pilih bahan bangunan lokal berkualitas
Ketika membangun rumah, tentu ingin menggunakan bahan bangunan yang berkualitas. Tapi, bukan berarti harus membeli material yang serba mahal. Harga sebenarnya tidak bisa menjadi tolak ukur apakah produk tersebut berkualitas atau tidak.

Sekarang udah banyak material lokal dengan kualitas tinggi, sehingga tidak perlu memakai material produksi luar negeri yang harganya cenderung lebih mahal. Dengan begini bisa lebih menghemat budget dalam membangun rumah. 

5.Pakai jasa tukang bangunan borongan, bukan harian
Tukang bangunan punya peranan penting dalam pembangunan rumah. Biasanya, biaya untuk membayar jasa merekalah yang paling menyita anggaran cukup besar. Oleh sebab itu, pilihlah tukang yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang baik.

Ada dua macam cara pembayaran upah jasa tukang bangunan, yaitu sistem harian dan borongan. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sistem tukang harian adalah bekerja per hari, berapa lama anda butuhkan, dengan sistem harian anda dituntut untuk selalu mengawasi pekerjaannya, bisa menilai bobot pekerjaan setiap harinya dan selalu siap untuk menyiapkan bahan material bangunan tepat waktu agar pekerjaannya lancar.

Sistem borongan adalah memborongkan keseluruhan pekerjaan dan berikut material bangunannya,  penghitungan nya lebih pasti dan sesuai dengan budget anggaran anda. Untuk hasil pekerjaan yang maksimal, dibutuhkan komunikasi yang baik antara pelaksana proyek dengan anda sebagai pemiliknya.

6.Membuat rumah secara bertahap
Jika dana sangat terbatas, maka solusinya adalah membangun rumah dengan bertahap, semisal : membangun mulai dari pondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap hingga tahap penyelesaian.

Atau juga bisa menggunakan material secara efisien, memilih material bangunan kelas 2 tetapi berkualitas bagus, tidak melakukan pekerjaan interior, fokus kepada pekerjaan pembangunan, sehingga uang yang dikeluarkan benar – benar efektif dan tertuju kepada sasaran pokok.

× Hubungi BBR Home Builder