Biaya Bangun Rumah

Membangun sebuah rumah idaman membutuhkan biaya, besar kecilnya pembiayaan pembangunan rumah tergantung seberapa mampu anda dalam berkompromi terhadap beberapa faktor yang bisa menyebabkan besar / kecilnya pembiayaan tersebut.

Faktor tersebut antara lain : Lokasi, Luas Bangunan, Arsitek, Jasa Tukang Bangunan, Material Bangunan dan Elemen lainnya.

Dengan mempertimbangkan secara baik dan bijak, proses pembangunan rumah bisa berjalan lancar.

Berapa Biaya Membangun Rumah ?

Membeli rumah jadi atau membangun rumah sendiri ? Jika pilihannya memutuskan untuk membangun sebuah rumah, pastikan anda sudah mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.  Banyak orang berpikir , membangun rumah bisa dengan biaya 3 Jt atau 4 Juta rupiah per meter , acuan seperti itu bisa benar bisa juga tidak.

Untuk menghitung berapa biaya membangun rumah secara detail, mari kita simak rincian lengkap biaya membangun rumah :

1.Lokasi Bangunan
Lokasi tanah juga sangat menentukan dalam besar kecilnya pembiayaan pembangunan rumah, hal ini menyangkut soal perijinan, desain rumahnya dan NJOP di wilayah tersebut, artinya jika anda membangun rumah di sebuah kawasan / daerah, pastikan model / bentuk rumahnya sama / lebih baik, sehingga nilai aset rumah dan tanahnya terus tumbuh dengan positif.

2.Perhitungan Luas Bangunan
Sebelum membuat anggaran biaya membangun rumah, lakukan terlebih dahulu pengukuran luas bangunan. Pada saat mengukur luas bangunan, lakukan secara hati-hati dan libatkan ahli.

Kesalahan dalam pengukuran luas bangunan dapat berdampak pada pembuatan desain dan gambar rumah. Pahami, semakin luas bangunan yang akan dibangun maka Anda pun memerlukan anggaran yang lebih besar.

3.Biaya Desain Rumah
Pastikan anda paham , bahwa Arsitek adalah sebuah Profesi, dan disini juga terdiri dari berbagai level / tingkatan. Memilih arsitek kelas dunia / nasional tentu harga desainnya juga berbeda dengan arsitek yang berada di level dibawahnya. Atau anda juga bisa hanya memilih jasa desain / drafter yang sudah menghasilkan hasil karya baik, bagus sesuai selera anda, inipun bisa juga menghemat biaya.

Dengan perencanaan desain rumah yang baik, akan memudahkan pelaksanaan proyek dan membuat waktu lebih terencana serta efisien.

4.Biaya Jasa Tukang Bangunan
Rumah impian tidak akan terwujud tanpa jasa tukang bangunan. Tukang bangunan layaknya seperti partner kerja, mereka yang akan menolong mewujudkan rumah tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika sedang mencari tukang bangunan, pastikan untuk memilih yang berpengalaman, memiliki sifat terbuka untuk mendengar masukan, mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik agar pembangunan rumah berjalan lancar.

Jasa Tukang Bangunan Terbagi menjadi 2 :

1.Tukang Harian
Memilih tukang harian jika anda memilki banyak waktu untuk mengawasi kerjanya, anda mengerti / bisa mengukur nilai pekerjaan setiap hari, sehingga target yang anda canangkan bisa berjalan dengan lancar.

2.Tukang Borongan
Harga tukang borongan saat ini terbagi menjadi 2 tipe yaitu :

a.Borongan Tenaga
Anda yang menyiapkan material bangunannya , tetapi ketika kinerja anda dalam menyiapkan material bangunan tidak baik, artinya ada beberapa material bangunan yang tertunda / tidak tepat waktu, maka pekerjaan proyek di lapangan juga akan terkendala, hal ini dibutuhkan manajemen waktu yang baik dalam menyiapkan material bangunan.

Jika anda memiliki link / rekan sebagai penjual bahan bangunan / pemilik Toko Material , mereka bisa mensuplai kebutuhan di lapangan.

b.Borongan Tenaga + Material Bangunan
Anda menyerahkan semua kebutuhan material bangunan kepada tukang borongan tersebut. Ini lebih mudah, dan lebih simple.

Tetapi kinerja di lapangan harus tetap dikontrol, diawasi dan komunikasi terjalin dengan baik, agar pelaksanaan proyek berjalan secara wajar, tidak terburu – buru yang akhirnya kualitasnya kurang baik.

Lebih baik sedikit terlambat , yang penting masih dalam batas toleransi, yang terpenting hasil akhir pekerjaan yang rapi, berkualitas sesuai harapan.

5.Menghitung Harga Bahan Bangunan
Harga bahan bangunan dipengaruhi beberapa faktor dan bervariasi. Antara Toko Bangunan A dengan B bisa saja berbeda, antara Merek A dan B tentunya ada yang berbeda , sesuai kelas / kualitasnya.

Untuk lebih mudahnya , dalam penghitungan RAB ( Rencana Anggaran Biaya ) bisa dicantumkan merek / produk apa yang digunakan.

6.Menghitung Biaya Elemen Rumah
Elemen – elemen rumah bisa saja menimbulkan pembengkakkan biaya disini, tetapi hal ini penting sekali, karena berhubungan dengan kenyamanan, keamanan dan penghematan.

misalnya :

Memilih pintu dan handle pintu kunci yang berkualitas, memilih AC , Pemanas Air yang hemat energi, memilih kloset yang hemat air dsb.

Elemen Rumah : Pintu, Jendela, Wastafel , Pemanas Air, Kloset, Perkakas Listrik, Handle Pintu, AC

7.Pekerjaan Tambahan
Pekerjaan tambahan setelah rumah sudah jadi / akan selesai. Pembuatan Pagar, Kanopi, Taman, Kolam Ikan / Kolam Renang jika dibutuhkan.

Demikian uraian kami, semoga rencana anda dalam membangun rumah segera berjalan dengan baik.

SOLUSI :


Kami siap untuk mengerjakan : Desain Rumah, Penghitungan RAB ( Rencana Anggaran Biaya ), dan Pelaksanaan Pembangunan Rumah Anda.

× Hubungi BBR Home Builder