Harga Bangun Rumah

Tinggi rendahnya harga bangun rumah , dipengaruhi beberapa faktor.

Dalam membangun rumah , banyak masyarakat ingin mencari informasi tentang harga bangun rumah , hal ini dilakukan untuk melihat seberapa besar budget anggaran biaya yang harus disiapkan untuk membangun rumah tersebut.

Dalam menentukan berapa besar harga bangun rumah, kami coba berikan faktor – faktor yang mempengaruhi besar / kecilnya harga bangun rumah. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhinya :

1. Lokasi
Lokasi menentukan sekali seberapa besar biaya yang harus disiapkan, karena salah menghitung , atau juga salah membangun akan mengakibatkan kerugian nilai aset tersebut.

Contoh : 

Anda memiliki aset tanah di lokasi Premium , yang mahal / NJOP nya tinggi , tidak mungkin membangun diatasnya sebuah rumah sederhana / minimalis , sementara tetangga kanan – kiri membangun rumah Rumah Mewah Yang Besar , hal ini jutsru bisa menurukan nilai aset tanahnya, karena pihak pembeli akan menjadikan hal tersebut sebagai bahan pengurang harga saat negosiasi , lebih baik jika dana tidak cukup , cukup ditanami rumput / biarkan saja kosong , cukup dipagar.

Begitu pula sebaliknya , jika lokasi tanah berada di lokasi yang NJOP nya sedang , lebih baik dibangun rumah yang sesuai dengan lingkungan tersebut.

2. Arsitek / Kontraktor
Semakin terkenal Arsitek / Kontraktor nya , maka harga bangun rumahnya juga akan tinggi , karena hal ini sudah berhubungiang dengan Status / Brand / Prestise / Gengsi dan juga tentunya material bangunan yang ditawarkan pasti produk – produk kelas atas.

3. Material Bangunan
Apakah Brand Minded ? Fanatik terhadap salah satu merek , misalnya cat temboknya harus pakai merek X , keramiknya harus pakai produk terbaru, produk harus import / buatan luar negeri. Hal seperti ini yang menyebabkan harga bangun rumahnya meningkat.

Jika punya flesibilitas , misalnya produk catnya tidak harus merek X , yang terpenting berkualitas , produk buatan lokal / dalam negeri juga ok , terus untuk keramik lantainya bisa gunakan produk keluaran tahun kemarin , atau membeli pada saat ada Promo / Diskon , pasti harga bangun rumahnya bisa disesuaikan dengan budget anggaran yang disediakan.

4. Luasan
Luasan bangunan jelas mempengaruhi harga bangun rumah , karena semakin luas akan membutuhkan banyak material bangunan. Berapa luas yang akan dibangun ? Rumah 1 Lantai , 2 Lantai atau 3 Lantai ?

5. Anggaran / Dana
Anggaran biaya yang disiapkan untuk membangun rumah sebaiknya memiliki pos tersendiri yang tidak diganggu oleh kebutuhan lain, jadi diamankan dahulu. Jangan sampai ketika proses pelaksanaan berjalan, ditengah – tengah pekerjaan , ada kemacetan dalam hal pembiayaan , hal ini pasti akan merubah skema dan harga bangun rumah menjadi meningkat , karena dana untuk pelaksanaan proyek terganggu , menyebabkan material bangunan tidak tersedia , atau tenaga kerja dilapangan mengalami kendala dalam pembiayaanya.

Agar Harga Bangun Rumah nya sesuai dengan budget anggaran, sebaiknya konsultasikan dengan pihak pelaksananya secara baik dan transparan, sehingga target untuk membangun rumah selesai tepat waktu.

× Hubungi BBR Home Builder