RAB

RAB

RAB adalah Rencana Anggaran Biaya diartikan sebagai perkiraan perhitungan atas banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, alat dan upah serta biaya lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan suatu pekerjaan atau proyek.

RAB atau Rencana Anggaran Biaya biasanya dibuat sebelum proyek dilaksanakan, untuk itu ia disebut sebagai “rencana” atau perkiraan atau estimasi biaya dan bukan anggaran yang sebenarnya, yang berdasarkan pelaksanaan (actual cost).

RAB umumnya dibuat oleh perencana proyek, atau kontraktor. Rencana Anggaran Biaya dihitung berdasarkan gambar-gambar rencana dan spesifikasi yang sudah ditentukan, upah tenaga kerja, harga bahan dan alat.

Anggaran biaya adalah harga dari bangunan yang dihitung secara teliti, cermat, dan memenuhi syarat. Anggaran biaya pada type bangunan yang sama bisa saja berbeda-beda tergantung pada harga bahan dan upah tenaga kerja yang berlaku di daerah masing-masing.

Misalnya, upah tenaga kerja di kota Jakarta berbeda dengan upah tenaga kerja di kota Batam, Bali, Makassar, Surabaya, Jayapura dan lain-lain.

RAB memiliki beberapa komponen di dalamnya. Berikut ini rincian yang harus ada dalam RAB :

1.Uraian Pekerjaan
Jika pekerjaan konstruksi biasanya terdapat sub jenis pekerjaan misalnya pekerjaan persiapan, galian, urugan dan pekerjaan pondasi beton.

2.Volume Pekerjaan (Unit)
Jika di dalam pengadaan barang biasanya digunakan satuan unit. Sedangkan untuk pekerjaan konstruksi kebanyakan dihitung dalam satuan meter persegi (m2), meter kubik (m3), atau unit.

3.Harga Satuan
Jika pengadaan barang cukup mengalikan harga satuan dengan unit barang sehingga ditemukan biaya belanja modal. Sedangkan untuk pekerjaan konstruksi dipisah menjadi dua bagian, yaitu harga jasa atau harga jasa berikut materialnya. Kemudian, kalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan.

4.Total Upah Pekerja
Upah pekerja ini umumnya hanya untuk pekerjaan jasa konstruksi saja, yaitu didapatkan dari biaya per jam x estimasi waktu pekerjaan x total pekerja.

5.Total Material Bahan Bangunan
Biaya keseluruhan pembelian material bangunan sampai finishing / selesai.

Grand Total
yaitu jumlah harga yang didapatkan dari penjumlahan total upah dengan total material bangunan atau perkalian volume dengan total upah.

Lanjutkan membaca ke RAB Bangunan versi biayabangunrumah.com

× Hubungi Kami Sekarang